Memaknai Pergantian Tahun Baru 2010

Friday, January 1, 2010 |

Pada hakikatnya pergantian tahun tidak berarti apa-apa dalam kehidupan sehari-hari, tidak ada bedanya dengan hari-hari dan malam-malam yang lain, namun karena adanya kebiasaan yang dilakukan banyak orang sehingga malam tahun baru menjadi terkesan Spesial, sehingga masyarakat sulit menghindarinya.



Untuk pertama kalinya dalam sejarah, orang Romawi kuno merayakan tahun baru pada tanggal 1 Januari tahun 45 sebelum Masehi. Tak lama setelah Julius Caesar dinobatkan sebagai kaisar Roma.


Julius Caesar dibantu oleh ahli astronomi dari Aleksandria, Sosigenes, mengubah sistem penanggalan tradisional Romawi yang telah diciptakan sejak abad ke-7 sebelum Masehi, dengan mendesain sistem penanggalan baru yang disarankan agar dibuat dengan mengikuti revolusi matahari, seperti yang digunakan di Mesir. Satu tahun dalam kalender baru itu dihitung sebanyak 365 seperempat hari, dan Caesar menambahkan 67 hari pada tahun 45 sebelum Masehi, sehingga tahun berikutnya dimulai pada tanggal 1 Januari.


Beberapa hal yang perlu kita lakukan dalam menyikapi perayaan tahun baru adalah :
1. Menghindari kegiatan yang bersifat hura-hura
2. Menjauhi tempat-tempat yang berpotensi menimbulkan kemaksiatan,kejahatan, dan kecelakaan.
3. Menjadikan hari libur sebagai sarana berkumpul bersama keluarga
4. Melakukan evaluasi segala aktifitas di tahun 2009 baik pribadi maupun keluarga
5. Membuat program kegiatan tahun 2010 berikut target pencapaiannya sebagai bagian dari proses realisasi cita-cita kita.
6. Senantiasa berdoa, mengharap hanya kepada Alloh tentang apa yang kita inginkan dan jangan lupa doakan juga saudara-saudara dan karib kita, mudah-mudahan diberi keselamatan, kesehatan, dan kesuksesan dunia akhirat.
7. Bila kita berlibur, hindarilah tempat-tempat yang macet sehingga liburan kita tidak terganggu.
8. Jangan makan dan minum berlebihan karena hampir semua penyakit datangnya dari makanan yg berlebihan di perut kita
9. Bila Anda berlebih harta, alangkah mulianya bila Kita menyisihkan sedikit untuk membantu saudara-saudara kita yang tertimpa bencana.
10.Kehadiran tahun baru harus membuat kita lebih SEMANGAT menghadapi hari-hari mendatang.



Tulisan tentang Memaknai Tahun Baru ini sebenarnya untuk mengingatkan diri saya dan keluarga, sengaja saya tulis disini dengan harapan semoga bermanfaat juga bagi yang membacanya, dan tidak lupa saya mohan maaf bila ada yang kurang berkenan.


Selamat Tahun Baru 2010, semoga keimanan, kesehatan,dan kesuksesan senantiasa menyertai hidup kita. Amiin


BENNY S.

0 komentar:

Post a Comment