PANTAI GOA CINA

Friday, January 8, 2010 |



Vacation time.......
Pagi ini kami berwisata ke Pantai Goa Cina, kami mengendarai beberapa motor untuk menuju kesana. Letaknya di kawasan Dusun Trowotratih, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Butuh waktu sekitar 2 jam untuk melakukan perjalanan kesana, akan tetapi perjalanan kesana tidak semulus yang kami bayangkan. Awalnya memang mulus karena jalannya sudah beraspal dan layak untuk kendaraan bermotor, pemandangan selama perjalanan pun juga sangat bagus, akan tetapi sekitar 600m sebelum area pantai kami menyusuri jalanan yang masih terbuat tatanan dari batu karang dan tanah, banyaknya kubangan lumpur dan beberapa tanjakan menyebabkan motor kami selip dan overheat, kami pun harus beristirahat sebentar dan mendinginkan mesin motor. Setelah sampai disana semua pengorbanan kami pun terbayarkan. Pantai yang bersih dan masih alami dan goa yang terletak di batu karang yang menawan memanjakan pemandangan dalam liburan kami kali ini.

Asal mula nama Pantai Goa Cina ini adalah pada sekitar tahun 1950an ada seorang pengembara cina yang menemukan sebuah goa di pantai ini dan kemudian bertapa di goa tersebut sampai meninggal. Kemudian mayatnya ditemukan oleh seorang pencari rotan dan kemudia di kuburkan di goa yang langsung menghadap ke pantai tersebut. Sejak itulah pantai ini di beri nama Pantai Goa Cina.


Saat siang hari kami mencoba masuk ke dalam goa dan mengamati goa yang ada di bibir pantai itu, letaknya tepat di tengah-tengah karang besar di samping pantai, kami menemukan beberapa dupa wangi yang sudah setengah terbakar yang kemungkinan bekas dari orang-orang yang bertapa di goa ini dan lorong-lorong kecil untuk masuk ke gua lebih dalam lagi, tapi kami tidak masuk terlalu dalam waktu itu.


Tempat yang bagus bagi yang ingin bersantai di daerah pantai, karena pantainya masih alami dan bersih, pemandangannya pun juga eksotis, tapi jangan lupa cek kondisi kendaraan anda sebelum berwisata kesana karena medan yang harus ditempuh sangat berat. Selamat berwisata.





1 komentar:

Anonymous said...

loh.. oktober 2009 ada yang tewas bertapa di gua ini bos, januari loe foto2 di situ.. pulang nya ga ada yang ngikuti bos ? http://regional.kompas.com/read/xml/2009/10/10/09310370/Seorang.Pria.Bertapa.sampai.Mati

Post a Comment