IE Cacat, Firefox 3,6 Terbaik di Dunia

Sunday, January 24, 2010 |

Penjelajah internet Firefox dan Opera mengalami lonjakan download luar biasa sejak ancaman cacat keamanan menerpa Internet Explorer Microsoft terekspos ke publik. Pengguna IE disarankan memperbaharui IE6 dan IE7 ke IE8. Pemilik Firefox, Mozilla mengklaim mereka telah mengalami 300 ribu unduhan ekstra selama periode empat hari di Jerman. Kantor Informasi dan Keamanan Nasional di Jerman dan Badan yang dengan fungsi sama di Perancis Certa mengumumkan kepada publik akan menggunakan fitur jelajah alternatif sampai Microsoft menyelesaikan perbaikan untuk permasalahan keamanan mereka.

Departemen Broadband, Komunikasi dan Ekonomi Digital Australia juga mengumumkan peringatan pekan lalu, dengan merekomendasikan pengguna untuk mengubah ke Firefox atau Apple Safari.
Tetapi beberapa ahli keamanan internet Australia mengatakan bahwa pernyataan tersebut terlampau berlebihan mengingat perbaikan sederhana yang dapat dilakukan yang mampu membuat Internet Explorer lebih aman.

Tetapi apakah memang pengguna akan benar-benar mengganti alat jelajahnya? Alastair MacGibbon Managing Partner Konsultan Keamanan Internet Surete Group tidak berpikir hal yang sama. MacGibbon adalah pendiri Unit Kejahatan Teknologi Tingkat Tinggi Kepolisian Australia. "Saya tidak berpikir ada sesuatu yang mengganggu dalam alat jelajah IE," ujar MacGibbon.

MacGibbon mengatakan bahkan jika orang mengganti alat jelajahnya tidak akan cukup untuk melindungi diri mereka dari kemungkinan yang lebih jauh. Apa yang seharusnya dipertimbangkan adalah seberapa cepat penyedia layanan jelajah bereaksi terhadap celah keamanan tersebut, mengaturnya dan mencegah agar tidak terjadi lagi di masa depan.

"Dalam kasus Internet Explorer, ada target tertentu untuk serangan, jadi pertanyaannya adalah tipe keamanan seperti apa yang seharusnya dilakukan perusahaan dalam langkah pertama. Menyalahkan alat jelajah IE secara keseluruhan sangat tidak baik," ujar MacGibbon.

Microsoft akan meluncurkan pembaharuan keamanan segera untuk mengatasi masalah tersebut, tetapi untuk sementara pengguna disarankan untuk menambahkan fungsi dari IE6 dan IE7 ke IE8.

Mozilla Rilis Firefox 3.6

Sementara itu, mozila merilis versi terbaru browser populernya, Firefox 3.6. Dengan percaya diri, Mozilla mengklaim Firefox 3.6 adalah browser terbaik di dunia, seperti terpajang di situsnya.

Dilihat dari tampilan, Firefox 3.6 yang sudah bisa diunduh ini tidak jauh beda dibanding dengan edisi 3.5. Namun dari sisi kemampuan, seperti dilansir V3  beberapa hal baru telah ditambahkan di dalamnya.
Menurut mozilla, Firefox 3.6 ditingkatkan sisi performa maupun stabilitasnya serta dilengkapi beberapa fitur baru bagi user maupun developer. Software penjelajah internet ini tersedia baik untuk Windows, MacOS X maupun Linux.

Startup, waktu respons dan performa JavaScript yang lebih baik, membuat Mozilla memperkirakan Firefox 3.6 lebih cepat 20 persen ketimbang versi 3.5.Fitur baru yang disematkan antar lain tool tema baru, yang memungkinkan user mengedit dan me-load tema visual tanpa perlu restart browser. Selain itu, Firefox 3.6 juga bisa mendeteksi otomatis jika ada plug-ins yang perlu diupdate.

0 komentar:

Post a Comment